Selasa, 02 Februari 2016

Paradigma integrasi antar Kolerasi Agama dan Sains



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.
Pemikiran tentang integrasi atau Islamisasi ilmu pengetahuan dewasa ini yang dilakukan oleh kalangan intelektual muslim, tidak lepas dari kesadaran beragama. Secara totalitas ditengah ramainya dunia global yang sarat dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan sebuah konsep bahwa ummat Islam akan maju dapat menyusul menyamai orang-orang barat apabila mampu menstransformasikan dan menyerap secara aktual terhadap ilmu pengetahuan dalam rangka memahami wahyu, atau mampu memahami wahyu dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.
Disamping itu terdapat asumsi bahwa ilmu pengetahuan yang berasal dari negara-negara barat dianggap sebagai pengetahuan yang sekuler oleh karenanya ilmu tersebut harus ditolak, atau minimal ilmu pengetahuan tersebut harus dimaknai dan diterjemahkan dengan pemahaman secara Islam. Ilmu pengetahuan yang sesungguhnya merupakan hasil dari pembacaan manusia terhadap ayat-ayat Allah SWT, kehilangan dimensi spiritualitasnya, maka berkembangkanlah ilmu atau sains yang tidak punya kaitan sama sekali dengan agama. Tidaklah mengherankan jika kemudian ilmu dan teknologi yang seharusnya memberi manfaat yang sebanyak-banyaknya bagi kehidupan manusia ternyata berubah menjadi alat yang digunakan untuk kepentingan sesaat yang justru menjadi penyebab terjadinya malapetaka yang merugikan manusia.
Dipandang dari sisi aksiologis ilmu dan teknologi harus memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kehidupan manusia. Artinya ilmu dan teknologi menjadi instrumen penting dalam setiap proses pembangunan sebagai usaha untuk mewujudkan kemaslahatan hidup manusia seluruhnya. Dengan demikian, ilmu dan teknologi haruslah memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kehidupan manusia dan bukan sebaliknya



B.     Rumusan Masalah.
1.      Apakah al-Qur’an dan ilmu pengetahuan (sains)?
2.      Bagaimanakah Rekontruksi Ilmu Pengetahuan Islam?
3.      Bagaimanakah Integrasi Ilmu pengetahuan Islam dan Umum?
4.      Bagaimanakah Realisasi Islamisasi Ilmu Pengetahuan?
5.      Bagaimanakah Sains (Ilmu Pengetahuan) dalam Perspektif  al-Qur’an?

C.    Tujuan Pembelajaran.
1.    Memahami al-Qur’an dan Sains (Ilmu Pengetahuan.
2.    Memahami Rekontruksi Ilmu Pengetahuan Islam.
3.    Mengetahui Integrasi Ilmu pengetahuan Islam dan Umum.
4.    Memahami Realisasi Islamisasi Ilmu Pengetahuan.
5.    Memahami sains (Ilmu Pengetahuan)  dalam Perspektif al-Qur’an.

















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Al-Quran dan Ilmu Pengetahuan / (Sains)
Pada masa sekarang kita temukan banyak orang yang mencoba menafsirkan beberapa ayat al-qur’an Dalam sorotan pengetahuan ilmiah modern. Tujuan utamanya adalah utuk menunjukkan mukjizat al-qur’an dalam lapangan keilmuan untuk meyakinkan orang-orang non muslim akan keagungan dan keunikan al-qur’an, dan untuk menjadikan kaum muslim bangga memiliki kitab agung seperti itu.[1]
Diantara meraka yang pada masa ini juga berpandangan demikian adalah mustafa shadiq al-rifa’i dia mengatakan bahwa dalam a-qur’an seseorang mungkin dapat menemukan banyak petunjuk mengenai fakta-fakta keilmuan. Dan sains modern membantu kita menafsirkan makna-makna beberapa ayat dalam al-qur’an dan membantu menyingkap fakta-faktanya. Begitu juga syaikh muhammad bakhit mengatakan.
“mereka yang berpikir bahwa al-qur`an itu kitab pernyataan hukum-hukum islam dan kitab peraturan, sebenarnya meninggalkan kebenaran. Al-qur’an adalah sumber seluruh sains dan peradaban manusia... al-qur`an dengan pernyataan dan petunjuk-petunjuknya, memiliki bukti bagi esensi dan sifat-sifat segala sesuatu, perubahan-perubahan kuantitatif dan kualitatifnya, dan mengandung seluruh sains mengenai realitas2 eksternal, baik yang samawi maupun yang duniawi.”[2]
Al-Qur’an adalah kalam Allah. Dan Allah adalah pencipta semua makhluk yang terdapat dialam semesta ini. Allah Subhannahu wa Ta’ala telah menurunkan al-Qur’an untuk semua makhluk-Nya. Karenanya, menjadi suatu keniscayaan bahwa semua makhluk yang diciptakan-Nya memiliki potensi untuk menjawab seruan Al-Qur’an. dalil atas itu –sebagamana telah kami sebutkan- adalah segolongan jin yang beriman kepada Al-Qur’an, hanya karena mereka mendengarkan sebagi ayat-ayat suci Al-Qur’an.[3]    
Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT. kepada manusia untuk menjadi petunjuk dan menjadi pemisah antara yang hak dan yang batil sesuai dengan firman-Nya dalam surat al-Baqarah ayat 185. Al-Qur’an juga menuntun manusia untuk menjalani segala aspek kehidupan, termasuk didalamnya menuntut dan mengembangkan ilmu pengetahuan.
Al-Quran menempatkan ilmu dan ilmuan dalam kedudukan yang tinggi sejajar dengan orang-orang yang beriman (QS: al-Mujadilah: 11). Banyak nash Al-Qur’an yang menganjurkan manusia untuk menuntut ilmu, bahkan wahyu yang pertama kali turun, adalah ayat yang berkenaan dengan ilmu, yaitu perintah untuk membaca seperti yang terdapat dalam surat al-‘Alaq ayat 1-5. Artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam” [4]
Imam al-Ghazali sebagaimana dikutip oleh Quraish Shihab mengatakan, bahwa seluruh cabang ilmu pengetahuan yang terdahulu dan yang kemudian, yang telah diketahui maupun yang belum, semua bersumber dari al-Qur’an al-Karim.[5] 
Dr. M. Quraish Shihab mengatakan, membahas hubungan Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan bukan dinilai dengan banyaknya cabang-cabang ilmu pengetahuan yang tersimpul di dalamnya, bukan pula dengan menunjukkan kebenaran teori-teori ilmiah. Tetapi pembahasan hendaknya diletakkan pada proporsi yang lebih tepat sesuai dengan kemurnian dan kesucian Al-Qur’an dan sesuai pula dengan logika ilmu pengetahuan itu sendiri. Tidak perlu melihat apakah didalam Al-Qur’an terdapat ilmu matematika, ilmu tumbuh-tumbuhan, ilmu komputer dll, tetapi yang lebih utama adalah melihat adakah jiwa ayat-ayatnya menghalangi kemajuan ilmu pengetahuan atau sebaliknya, serta adakah satu ayat Al-Qur’an yang bertentangan hasil penemuan ilmiah yang telah mapan?
Kuntowijoyo mengatakan bahwa Al-Qur’an sesungguhnya menyediakan kemungkinan yang sangat besar untuk dijadikan sebagai cara berpikir. Cara berpikir inilah yang dinamakan paradigma Al-Qur’an / paradigma Islam. Pengembangan eksperimen-eksperimen ilmu pengetahuan yang berdasarkan pada paradigma al-Qur’an jelas akan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan. Kegiatan itu mungkin menjadi pendorong munculnya ilmu-ilmu pengetahuan alternatif. Jelas bahwa premis-premis normatif Al-Qur’an dapat dirumuskan menjadi teori-teori empiris dan rasional. Struktur transendental Al-Qur’an adalah sebuah ide normatif dan filosofis yang dapat dirumuskan menjadi paradigma teoretis. Ia akan memberikan kerangka bagi pertumbuhan ilmu pengetahuan empiris dan rasional yang orisinal, dalam arti sesuai dengan kebutuhan pragmatis umat manusia sebagai khalifah di bumi. Itulah sebabnya pengembangan teori-teori ilmu pengetahuan Islam dimaksudkan untuk kemaslahatan umat Islam. 
B.     Rekontruksi Ilmu Pengetahuan Islam
Dalam perkembangan keilmuan Islam, terdapat pengelompokan disiplin ilmu agama dengan ilmu umum. Hal ini secara implisit menunjukkan adanya dikotomi ilmu pengetahuan.
Kondisi seperti ini terjadi mulai abad pertengahan sejarah Islam hingga sekarang. Dalam konteks Indonesia, dikatomi ilmu umum dan ilmu agama malah sudah terlembagakan. Hal ini bisa dilihat dari adanya dua tipe lembaga pendidikan yang dinaungi oleh departemen yang berbeda. Lembaga pendidikan yang berlabel agama di bawah naungan DEPAG sedangkan lembaga pendidikan umum berada di bawah DEPDIKNAS.
Pandangan dikotomis terhadap ilmu pengetahuan Islam seperti itu, tidak sesuai dengan pandangan integralistik ilmu pengetahuan pada permulaan sejarah umat Islam. Ternyata pandangan dikotomis yang menempatkan Islam sebagai suatu disiplin yang selama ini terasing dari disiplin ilmu lain telah menyebabkan ketertinggalan para ilmuan Islam baik dalam mengembangkan wawasan keilmuan maupun untuk menyelesaikan berbagai masalah dengan multidimensional approach/ (pendekatan dari berbagai sudut pandang). Oleh karena itu wajarlah jika dikotomi ilmu pengetahuan mendapatkan gugatan dari masyarakat, termasuk gugatan dari para ilmuan muslim melalui wacana Islamisasi ilmu pengetahuan.
Muhammad Abid al-Jabiry dalam Amin Abdullah mengatakan: Adalah merupakan kecelakaan sejarah umat Islam, ketika bangunan keilmuan natural sciences / (al-ulum al-kauniyyah) menjadi terpisah dan tidak bersentuhan sama sekali dengan ilmu-ilmu keIslaman yang pondasi dasarnya adalah nash. Meskipun peradaban Islam klasik pernah mengukir sejarahnya dengan nama-nama yang dikenal menguasai ilmu-ilmu kealaman, antara lain seperti Al-Biruni (w. 1041) seorang ensiklopedis muslim, Ibn Sina seorang filosuf dan ahli kedokteran, Ibn Haitsam (w.1039) seorang fisikawan, dan lain-lain. Sayang perguruan tinggi Islam, yang ada sekarang kurang mengenalnya atau mungkin sama sekali tidak mengenalnya lagi, lebih-lebih perkembangan metodologi ilmu-ilmu kealaman yang berkembang sekarang ini, yang sesungguhnya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu-ilmu keIslaman yang ada sekarang. Selain ilmuan-ilmuan muslim yang dikemukakan di atas masih banyak ilmuan lain yang terkenal diantaranya, Abu Abbas al-Fadhl Hatim an-Nizari (w-922) seorang ahli astronomi, Umar Ibn Ibrahim al-Khayyami (w.1123) yang lebih di kenal dengan Umar Khayyam penulis buku aljabar, Muhammad al-Syarif al-Idrisi (1100-1166) ahli ilmu bumi.
Pada periode klasik ini (Abad VII-XIII) Islam dijuluki The golden age of Islam, telah terjadi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ada beberapa faktor yang mendorong kemajuan ilmu pengetahuan pada periode ini, yaitu:
1.      Agama Islam sebagai motivasi.
2.      Kesatuan bahasa yang memudahkan komunikasi ilmiah.
3.      Kebijakan pemerintah untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
4.     Didirikannya akademi, Laboratorium, dan perpustakaan sebagai sarana pengembangan ilmu.
5.      Ketekunan ilmuan untuk mengadakan riset dan eksperimen.
6.      Pandangan Internasional yang membuka isolasi dengan dunia luar.
7.      Penguasaan terhadap bekas wilayah pengembangan filsafat klasik Yunani.
Pada periode klasik Islam tidak terdapat dikotomi ilmu pengetahuan. Memang telah dikembangkan ilmu pengetahuan yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadis dan ilmu pengetahuan yang bersumber dari alam dan masyarakat, tetapi masih berada dalam satu kerangka yaitu pengetahuan Islam.
Sesudah periode klasik ini, yaitu sejak tahun 1350 M sekitar abad XIII, orang-orang eropa mulai maju sedangkan dunia muslim tidak saja menjadi jumud, tetapi juga telah gagal menyerap kemajuan yang dibuat diluar peradaban mereka. Madrasah-madrasah teologi mengesampingkan seluruh ilmu keislaman dari kurikulum mereka kecuali astronomi dan matematika. Akibatnya orang-orang Islam yang menuntut ilmu-ilmu empiris kebanyakan terasing dari ilmu-ilmu agama. Sebagai akibatnya mereka tak memahami pandangan dunia islam karena telah diganti dengan visi ateistik yang mendominasi tradisi keilmuan barat.[6]
Kita telah melihat bagaimana islam dengan kuat menekankan kebutuhan menuntut ilmu didalam maknanya yang terluas. Dan bagaimana orang-orang islam, dengan mengikuti ajaran-ajaran Islam, menciptakan peradaban-peradaban yang cemerlang dan memimpin perkembangan intelektual manusia untuk beberapa abad. Kita juga telah melihat bagaimana pemisahan agama dari ilmu pengetahuan didalam masyarakat muslim telah menyebabkan orang-orang islam mengabaikan peranan kepemimpinan intelektual manusia. Akan tetapi, ketika kini masyarakat mslim menunjukkan tahapan kebangunan kembali dan semangat baru menyingsing hampird isetiap penjuru dunia muslim, yang menetukan untuk membawa kembali dunia keilmuan.[7]
Dengan demikian muncullah dikotomi ilmu pengetahuan Islam dengan umum. Kalau hal ini dibiarkan terus berkembang maka akan membawa dampak negatif, misalnya teknologi nuklir bisa menjadi senjata pemusnah yang seharusnya untuk kesejahteraan manusia. Oleh karena itu Ilmu pengetahuan Islam perlu direkonstruksi kembali dengan paradigma baru yaitu bahwa ilmu pengetahuan Islam menggambarkan terintegrasinya seluruh sistem ilmu pengetahuan dalam satu kerangka. Ilmu pengetahuan Islam menggunakan pendekatan wahyu, pendekatan filsafat, dan pendekatan empirik, baik dalam pembahasan substansi ilmu, maupun pembahasan tentang fungsi dan tujuan ilmu pengetahuan.
Dengan rekonstruksi ilmu pengetahuan Islam tidak terkait lagi adanya dikotomi antara ilmu pengetahuan Islam (syari’ah) dengan ilmu pengetahuan umum, keduanya saling berhubungan secara fungsional (fungsional Corelation).

C.    Integrasi Ilmu Pengetahuan ke Islam dengan Umum
Setelah umat Islam mengalami kemunduran sekitar abad XIII-XIX, justru pihak Barat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajarinya dari Islam sehingga ia mencapai masa renaissance. Ilmu pengetahuan umum (sains) berkembang pesat sedangkan ilmu pengetahuan Islam mengalami kemunduran, yang pada akhirnya muncullah dikotomi antara dua bidang ilmu tersebut.
Sekularisasi ilmu pengetahuan dari segi metodologi menggunakan epistemologi rasionalisme dan empirisme. Rasionalisme berpendapat bahwa rasio adalah alat pengetahuan yang obyektif karena dapat melihat realitas dengan konstan. Sedangkan empirisme memandang bahwa sumber pengetahuan yang absah adalah empiris (pengalaman).
Sekularisasi ilmu pengetahuan pada aspek aksiologi bahwa ilmu itu bebas nilai atau netral, nilai-nilai ilmu hanya diberikan oleh manusia pemakainya. Memasukkan nilai ke dalam ilmu, menurut kaum sekular, menyebabkan ilmu itu memihak, dan dengan demikian menghilangkan obyektivitasnya.[8] 
Kondisi inilah yang memotivasi para cendekiawan muslim berusaha keras dalam mengintegrasikan kembali ilmu dan agama. Upaya yang pertama kali diusulkan adalah Islamisasi ilmu pengetahuan. Upaya “Islamisasi ilmu” bagi kalangan muslim yang telah lama tertinggal jauh dalam peradaban dunia moderen memiliki dilema tersendiri. Dilema tersebut adalah, apakah akan membungkus sains Barat dengan label “Islami” atau Islam? Ataukah berupaya keras menstransformasikan normativitas agama, melalui rujukan utamanya Al-Quran dan Hadis, kedalam realitas kesejarahannya secara empiric?. Kedua-duanya sama-sama sulit jika usahanya tidak dilandasi dengan berangkat dari dasar kritik epistemologis. Dari sebagian banyak cendikiawan muslim yang pernah memperdebatkan tentang Islamisasi ilmu, di antaranya bisa disebut adalah: Ismail Raji Al-Faruqi, Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Fazlur Rahman, dan Ziauddin Sardar. Kemunculan ide: Islamisasi ilmuan tidak lepas dari ketimpangan-ketimpangan yang merupakan akibat langsung keterpisahan antara sains dan agama. Sekulerisme telah membuat sains sangat jauh dari kemungkinan untuk didekati melalui kajian agama. Pemikiran kalangan yang mengusung ide Islamisasi ilmuan masih terkesan sporadis, dan belum terpadu menjadi sebuah pemikiran yang utuh. Akan tetapi, tema ini sejak kurun abad 15 H., telah menjadi tema sentral di kalangan cendekiawan muslim.
Tokoh yang mengusulkan pertama kali upaya ini adalah filosof asal Palestina yang hijrah ke Amerika Serikat, Ismail Raji Al-Faruqi. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengembalikan ilmu pengetahuan pada pusatnya yaitu tauhid. Hal ini dimaksudkan agar ada koherensi antara ilmu pengetahuan dengan iman.
Upaya yang lainnya, yang merupakan antitesis dari usul yang pertama, adalah ilmuisasi Islam. Upaya ini diusung oleh Kuntowijoyo. Dia mengusulkan agar melakukan perumusan teori ilmu pengetahuan yang didasarkan kepada Al-Qur’an, menjadikan Al-Qur’an sebagai suatu paradigma. Upaya yang dilakukan adalah objektifikasi. Islam dijadikan sebagai suatu ilmu yang objektif, sehingga ajaran Islam yang terkandung dalam Al-qur’an dapat dirasakan oleh seluruh alam (rahmatan lil’alamin), tidak hanya untuk umat Islam tapi non-muslim juga bisa merasakan hasil dari objektivikasi ajaran Islam.
Masalah yang muncul kemudian adalah apakah integrasi / Islamisasi ilmu pengetahuan keIslaman, dengan ilmu-ilmu umum mungkin dilakukan dengan tetap tegak diatas prinsip-prinsip tanpa mengacu pada pendekatan teologi normatif.
Moh. Natsir Mahmud mengemukakan beberapa proposisi (usulan) tentang kemungkinan Islamisasi ilmu pengetahuan, sebagai berikut:
1.      Dalam pandangan Islam, alam semesta sebagai obyek ilmu pengetahuan tidak netral, melainkan mengandung nilai (value) dan maksud yang luhur. Bila alam dikelola dengan maksud yang inheren dalam dirinya akan membawa manfaat bagi manusia. Maksud alam tersebut adalah suci (baik) sesuai dengan misi yang diemban dari Tuhan.
2.      Ilmu pengetahuan adalah produk akal pikiran manusia sebagai hasil pemahaman atas fenomena di sekitarnya. Sebagai produk pikiran, maka corak ilmu yang dihasilkan akan diwarnai pula oleh corak pikiran yang digunakan dalam mengkaji fenomena yang diteliti.
3.      Dalam pandangan Islam, proses pencarian ilmu tidak hanya berputar-putar di sekitar rasio dan empiri, tetapi juga melibatkan al-qalb yakni intuisi batin yang suci. Rasio dan empiri mendeskripsikan fakta dan al-qalb memaknai fakta, sehingga analisis dan konklusi yang diberikan sarat makna-makna atau nilai.
4.      Dalam pandangan Islam realitas itu tidak hanya realitas fisis tetapi juga ada realitas non-fisis atau metafisis. Pandangan ini diakui oleh ontologi rasionalisme yang mengakui sejumlah kenyataan empiris, yakni empiris sensual, rasional, empiris etik dan empiris transenden.
Azyumardi Azra, mengemukakan ada tiga tipologi respon cendekiawan muslim berkaitan dengan hubungan antara keilmuan agama dengan keilmuan umum.
Pertama : Restorasionis, yang mengatakan bahwa ilmu yang bermanfaat dan dibutuhkan adalah praktek agama (ibadah). Cendekiawan yang berpendapat seperti ini adalah Ibrahim Musa (w. 1398 M) dari Andalusia. Ibnu Taymiah, mengatakan bahwa ilmu itu hanya pengetahuan yang berasal dari nabi saja. Begitu juga Abu Al-Ala Maududi, pemimpin jamaat al-Islam Pakistan, mengatakan ilmu-ilmu dari barat, geografi, fisika, kimia, biologi, zoologi, geologi dan ilmu ekonomi adalah sumber kesesatan karena tanpa rujukan kepada Allah SWT. dan Nabi Muhammad saw.  
Kedua : Rekonstruksionis interprestasi agama untuk memperbaiki hubungan peradaban modern dengan Islam. Mereka mengatakan bahwa Islam pada masa Nabi Muhammad dan sahabat sangat revolutif, progresif, dan rasionalis. Sayyid Ahmad Khan (w. 1898 M) mengatakan firman Tuhan dan kebenaran ilmiah adalah sama-sama benar. Jamal al-Din al-Afgani menyatakan bahwa Islam memiliki semangat ilmiah.
Ketiga : Reintegrasi, merupakan rekonstruksi ilmu-ilmu yang berasal dari al-ayah al-qur’aniyah dan yang berasal dari al-ayah al-kawniyah berarti kembali kepada kesatuan transsendental semua ilmu pengetahuan.[9]
Integrasi yang dimaksud di sini adalah berkaitan dengan usaha memadukan keilmuan umum dengan Islam tanpa harus menghilangkan keunikan-keunikan antara dua keilmuan tersebut.
Terdapat keritikan yang menarik berkaitan dengan integrasi antara ilmu agama dengan sains:
1.      Integrasi yang hanya cenderung mencocok-cocokkan ayat-ayat Al-qur’an secara dangkal dengan temuan-temuan ilmiah. Disinilah pentingnya integrasi konstruktif dimana integrasi yang menghasilkan kontribusi baru yang tak diperoleh bila kedua ilmu tersebut terpisah. Atau bahkan integrasi diperlukan untuk menghindari dampak negatif yang mungkin muncul jika keduanya berjalan sendiri-sendiri. Tapi ada kelemahan dari integrasi, di mana adanya penaklukan, seperti teologi ditaklukkan oleh sains.[10]
2.      Berkaitan dengan pembagian keilmuan, yaitu qauniyah (Alam) dan qauliyah (Teologis). Kuntowijoyo mengatakan bahwa ilmu itu bukan hanya qauniyah dan qauliyah tetapi juga ilmu nafsiyah. Kalau ilmu qauniyah berkenaan dengan hukum alam, ilmu qauniyah berkenaan dengan hukum Tuhan dan ilmu nafsiyah berkenaan makna, nilai dan kesadaran. Ilmu nafsiyah inilah yang disebut sebagai humaniora (ilmu-ilmu kemanusiaan, hermeneutikal).  
Amin Abdullah memandang, integrasi keilmuan mengalami kesulitan, yaitu kesulitan memadukan studi Islam dan umum yang kadang tidak saling akur karena keduanya ingin saling mengalahkan. Oleh karena itu, diperlukan usaha interkoneksitas yang lebih arif dan bijaksana. Interkoneksitas yang dimaksud oleh Amin Abdullah adalah: Usaha memahami kompleksitas fenomena kehidupan yang dihadapi dan dijalani manusia. Sehingga setiap bangunan keilmuan apapun, baik keilmuan agama, keilmuan sosial, humaniora, maupun kealaman tidak dapat berdiri sendiri. maka dibutuhkan kerjasama, saling tegur sapa, saling membutuhkan, saling koreksi dan saling keterhubungan antara disiplin keilmuan.[11]
Pendekatan integratif-interkonektif merupakan usaha untuk menjadikan sebuah keterhubungan antara keilmuan agama dan keilmuan umum. Muara dari pendekatan integratif-interkonektif menjadikan keilmuan mengalami proses obyektivikasi dimana keilmuan tersebut dirasakan oleh orang non Islam sebagai sesuatu yang natural (sewajarnya), tidak sebagai perbuatan keagamaan. Sekalipun demikian, dari sisi yang mempunyai perbuatan, bisa tetap menganggapnya sebagai perbuatan keagamaan, termasuk amal, sehingga Islam dapat menjadi rahmat bagi semua orang.[12]
Contoh konkrit dari proses objektivikasi keilmuan Islam adalah Ekonomi Syariah yang prakteknya dan teori-teorinya berasal dari wahyu Tuhan. Islam menyediakan etika dalam perilaku ekonomi antara lain; bagi hasil (al-Mudarabah) dan kerja sama (al-Musyarakah). Di sini Islam mengalami objektivitas dimana etika agama menjadi ilmu yang bermanfaat bagi seluruh manusia, baik muslim maupun non muslim, bahkan arti agama sekalipun. Kedepan, pola kerja keilmuan yang integralistik dengan basis moralitas keagamaan yang humanistik dituntut dapat memasuki wilayah-wilayah yang lebih luas seperti: psikologi, sosiologi, antropologi, kesehatan, teknologi, ekonomi, politik, hubungan internasional, hukum dan peradilan dan seterusnya.[13]
Perbedaan pendekatan integrasi-interkoneksi dengan Islamisasi ilmu adalah dalam hal hubungan antara keilmuan umum dengan keilmuan agama. Kalau menggunakan pendekatan Islamisasi ilmu, maka terjadi pemilahan, peleburan dan pelumatan antara ilmu umum dengan ilmu agama. Sedangkan pendekatan integrasi interkoneksi lebih bersifat menghargai keilmuan umum yang sudah ada, karena keilmuan umum juga telah memiliki basis epistemologi, ontologi dan aksiologi yang mapan, sambil mencari letak persamaan, baik metode pendekatan (approach) dan metode berpikir (procedure) antar keilmuan dan memasukkan nilai-nilai keilmuan Islam ke dalamnya, sehingga keilmuan umum dan agama dapat saling bekerja sama tanpa saling mengalahkan.
Dari uraian di atas, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa dalam mengintegrasikan ilmu-ilmu keIslaman ke dalam ilmu-ilmu umum sebaiknya mengacu kepada perspektif ontologis, epistemologis dan aksiologis. Dari perspektif ontologis, bahwa ilmu itu pada hakekatnya, adalah merupakan pemahaman yang timbul dari hasil studi yang mendalam, sistematis, obyektif dan menyeluruh tentang ayat-ayat Allah SWT. baik berupa ayat-ayat qauliyyah yang terhimpun di dalam Al-Qur’an maupun ayat-ayat kauniyah yang terhampar dijagat alam raya ini. Karena keterbatasan kemampuan manusia untuk mengkaji ayat-ayat tersebut, maka hasil kajian  pemikiran manusia tersebut harus dipahami atau diterima sebagai pengetahuan yang relatif kebenarannya, dan pengetahuan yang memiliki kebenaran mutlak hanya dimiliki oleh Allah SWT.
D.    Realisasi Islamisasi Ilmu Pengetahuan.
Pada masa islamisasi ilmu pengetahuan, sebagaimana dikemukakan Dawam Rahardjo biasanya terkait dengan nama Ismail Faruqi seorang serjana kelahiran palastinaia dianggap sebagai pencetus utama gagasan ini. Tapi orang malisya tidak menganggapnya demikian. Mereka mengatakan bahwa pencetus ide islamisasi pengetahuan itu adalah seorang serjana ahli budaya melayu berkebangsaan malaisya, Nuqaib Alatas, adik kandung Husain Alatas. Tapi ide itu “dicuri” oleh Ismail Faruqi.[14] 
Terlepas dari pro kontra gejala menunjukkanbahwa islam sebagai sebuah ide kemasyarakatan, kebudayaan dan peradaban sebagaimana yang dikemukakan Ismail Faruqi, tampak makin diteria masyarakat. Integrasi nilai-nilai islam kedalam berbagai aspek kehidupan tampak makin terus berkembang nila-nilai islam bukan hanya tercermin dalam kerangka bangunan ilmu pengetahuan, melainkan juga tercermin dalam berbagai aspek kehidupan yang lebih luas lagi, yaitu ekonomi, sosial, budaya, politik, seni, dan sebagainya.
Fenomena islamisasi pada seluruh aspek kehidupan yang demikian itu, dapat dilihat sebab-sebabnya sebagai berikut
Pertama, bahwa kehidupan modern yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi diakui telah memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia dalam segala bidang: transportasi, komunikasi, konsmsi, pendidikan dan sebagainya. Nmun bersamaandengan itu, kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi tersebut telah menimbulkan berbagai dampak negatif berupa timbulnya persaingan dan gaya hidup yang menghalalkan segala cara, termasuk didalamnya penjajahan terhadap kedaulatan negara lain.
Kedua,  islamisasi ilmu pengetahuan juga terjadi sebagai respon terhadap ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang berasal dari barat dengan sifat dan karakternya yang skular, matrealistis danateis. Ilmu pengetahuan yang demikian boleh diterima dan dandimanfaatkan oleh umat islam selama ilmu-ilmu tersebut dapat diarahkan kepada ranah yang membawa kepada kebahagiaan hidup secara lahir dan batin, dunia dan akherat.
Ketiga, islam sebagai sistem nilai yang telah teruji keahliannya dalam sejrah, mulai dipertimbangkan kembali untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mencerahkan berbagai masalah yang dihadapi umat manusia. Salah satu aspek kehidupan yang paling besar pengaruhnya dan paling mudah dimasuki paham lain yang menyesatkan adalah paham ekonomi. Kehidupan ekonomi berpengaruh terhadap aspek kehidupan sosial, gaya, dan pola kehidupan, lingkungan, pendidikan dan sebagainya. Namun fakta menunjukkan bahwa kemajuan disektor ekonomi tidak otomatis membawa kesejahteraan secara merata apabila tidak didasarkan pada nilai-nilai keadilan yang mendasarinya. Nilai yang mengendalikan kehidupan ekonomi saat ini adalah nilai kapitalisme yang ditandai oleh praktik monopoli yang mematikan kelompok masyarakat yang ekonominya lemah.
Berdasarkan beberapa uraian tersebut diatas, sesunguhnya praktikislamisasi ilmu pengetahuan hanya salah satu saja. Masyarakat menginginkan agar praktik islamisasi itu mengajukan seluruh bidang kehiupan umat manusia. Yaitu praktik Islamisasi dalam bidang ekonomi, politik, hukum, dan seterusnya. Dengan demikian praktik Islamisasi itu harus meibatkan seluruh pakar dalam berbagai disiplin keahlian.[15]
E.     Sains (Ilmu Pengetahuan) dalam perspektif Al-Qur’an.
Menyandingkan sains modern dengan Al-Qur’an bagi sebagian banyak orang yang belum memahami Islam secara benar mungkin merupakan sesuatu yang mengherankan. Bagi kalangan saintis barat yang kebanyakan terpengaruh oleh teori matrealis, agama yang pada mulanya hanya ditunjukkan kepada teori matrealis,agama yang hanya ditunjukkankepada Agama Yahudi dan Kristen tak lebih dari sekedar mitologi dan legenda.[16]
Berikut ini akan dipaparkan sains dan Al-Qur’an sama atau penulis akan menafsirkan Al-Qur’an dengan bantuan teori-teori ilmu pengetahuan, yang sesungguhnya sudah lama dikenal dalam sejarah peradaban islam.
1.             Kosmologi dalam Perspektif  al-Qur’an.
a)      Teks Ayat
أوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا أنَّ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنهُمَا صلى وَخَعَلْنَا مِنَ المَآءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍ صلي  أَغَلاَ يُؤمِنُونَ
b)      Terjemah.
“apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumu itu keduanya dahulu adalah suatu padu, kemudian kami pisahkan antara keduanya. Dandaripada kamiair kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapa mereka tidak juga beriman?”. (QS. Al-Anbiya’ [21]: 30).
c)      Tafsir ‘ilmy.
Ayat diatas menginformasikan kepada kita bahwa langit dan dulunya adalah satu padu, tapi kemudain terjadi pemisahan menjadi langit dan bumi. Rataq, perpaduan beberapa unsur sehingga menjadi kumpulan yang homogen. Sedang fataq, peroses pemisahan dari suatu kupulanpertama yang unik yang terdiri dari beberapa usur. Ayat diatas tidak dijelaskan secara rinci tentang bagaimana pemisahan lanit dan bumi, namun hal tersebut dibenarkan didalam teori ilmiah.
Hasil observasi ang dilakukan Edwin P, Hubble (1889-1953) menyimpulkan adanya pemuaian alam semesta. Ekspansi Kosmos merupakan fenomena monumental yang diuangkapkan sains modern. Dengan bertitik tolak dari teori relativitas , ekspansi kosmos mendapat dukungan fisik dalam pemeriksaan spectrum galaksi, pergeseran sistematikke arah bayangan merah dapat diartikan sebagai fakta bahwa galaksi itu saling menjauhkan satu sama lain.[17]



BAB III
KESIMPULAN
Al-Qur’an diturunkan kepada manusia disamping sebagai pembeda antara yang hak dan yang batil, juga menuntun manusia untuk menuntut dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Sejak kredibilitas Gereja sebagai sumber informasi ilmiah merosot, maka bertumbuh suburlah pendekatan saintifik dalam ilmu pengetahuan menuju ilmu pengetahuan sekuler. Terjadinya dikotomi ilmu pengetahuan Islam dengan ilmu-ilmu umum menyebabkan para ilmuan Islam berusaha melakukan Islamisasi atau integrasi kedua ilmu tersebut, sebab kalau hal ini tidak dilakukan maka akan membawa dampak negatif bagi kehidupan manusia.
Respon cendekiawan muslim berkaitan hubungan antara ilmu pengetahuan Islam dan umum ada 3 tipologi, yaitu: Restorasionis, Rekonstruksionis, dan Reintegrasi. Penyatuan antara ilmu-ilmu keIslaman dengan ilmu-ilmu umum lebih condong kepada integrasi-interkoneksitas dan mengacu kepada perspektif ontologis, Epistemologis dan aksiologis.

















DAFTAR PUSTAKA


Armai Arief, Reformasi Pendidikan Islam, (Jakarta: CRSD Press, 2005).

Nurman Said, Wahyuddin Halim, Muhammad Sabri, Sinergi Agama dan Sains,  (Makassar: Alauddin Press, 2005), Cet I.

Dr. Abdul Basith Al-jamal, Dr. Daliya Shiddiq Al-jamal, Ensklopedi Ilmiah dalam Al-Qur’an & Sunnah, (jakarta, pustaka Al-Kautsar, 2003),cet. 1.

Dr.M.Quraish shihab, Membumikan Al-Qur’an, (, Bandung: Penerbit Mizan, 1992) Cet I.
Dr. Mehdi golshani, Filsafat Sains menurut Al-Qur’an, (Bandung, MMU, 2003), cet 1.
Zainal Abidin Bagir, Integrasi Ilmu dan Agama, Interprestasi dan Aksi, (Bandung: Mizan, 2005).
Prof.DR.M.Amin Abdullah, Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, (Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2006).

Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu, (Jakarta: Penerbit: Teraju, 2005).
Prof. Dr. H. Abuddin Nata, metodologi Studi Islam, (Jakarta, rajawali pres, 2013),
Drs. Nanang Gojali, M. Ag., Manusia Pendidikan dan Sains dalam Perspektif Tafsir Hermeneutika, (Jakarta, PT. Rineka Cipta), cet. 1.










1. Armai Arief, Reformasi Pendidikan Islam, (Jakarta: CRSD Press, 2005), hal.124.

[2] Nurman Said, Wahyuddin Halim, Muhammad Sabri, Sinergi Agama dan Sains,  (Makassar: Alauddin Press, 2005), Cet I; hal. xxxvi
[3] Dr. Abdul Basith Al-jamal, Dr. Daliya Shiddiq Al-jamal, Ensklopedi Ilmiah dalam Al-Qur’an & Sunnah, (jakarta, pustaka Al-Kautsar, 2003),cet. 1, hal. 10
[4] QS. Al-Alaq [96]: 1-5.
[5] Dr.M.Quraish shihab, Membumikan Al-Qur’an, (, Bandung: Penerbit Mizan, 1992) Cet I, hal .41
[6] Dr. Mehdi golshani, Filsafat Sains menurut Al-Qur’an, (Bandung, MMU, 2003), cet 1, hal. 27.
[7] Ibid, hal. 29.
[8] Ibid  Nurman Said, Wahyuddin Halim, Muhammad Sabri, Sinergi Agama dan Sains, hal 134
[9]  Zainal Abidin Bagir, Integrasi Ilmu dan Agama, Interprestasi dan Aksi, (Bandung: Mizan, 2005) hal. 206- 211.
[10] Ibid hal, 50-51.
[11] Prof.DR.M.Amin Abdullah, Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, (Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2006), hal. VII-VIII.
[12] Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu, (Jakarta: Penerbit: Teraju, 2005), hal. 25-26
[13] Ibid Prof.DR.M.Amin Abdullah, hal.105
[14] Prof. Dr. H. Abuddin Nata, metodologi Studi Islam, (Jakarta, rajawali pres, 2013), hal. 410.
[15] Ibid, hal 410.
[16] Drs. Nanang Gojali, M. Ag., Manusia Pendidikan dan Sains dalam Perspektif Tafsir Hermeneutika, (Jakarta, PT. Rineka Cipta), cet. 1, hal. 100
[17] Ibid, hal 104

Tidak ada komentar:

Posting Komentar